Sunday 17 February 2013

Resolusi 2013? Mari Menggunakan Uang Lebih Bijak

Apakah terkadang kepala anda sering terasa pening? Mungkin itu bukan disebabkan oleh keadaan biologis, melainkan keadaan psikis yang sedang Anda alami. Permasalahan psikis bisa bermacam-macam, namun secara umum di zaman modern ini permasalahan psikis sering timbul karena masalah uang. Jika saat ini anda mempunyai permasalahan tentang uang jangan terburu-buru menyalahkan nasib anda atau lingkungan bahwa anda tidak bisa mendapatkan uang lebih banyak. Mungkin saja permasalahan uang anda akarnya bukanlah karena anda tidak mempunyai gaji atau penghasilan yang besar. Kemungkinan lainnya (dan ini sering terjadi) adalah Anda hidup dengan boros, alias tidak hemat.
Jika Anda hidup dengan boros, maka berapapun  penghasilan Anda akan terasa tidak cukup karena uang yang masuk langsung keluar dan lebih celaka lagi, jumlah uang yang keluar setiap bulannya lebih besar dari jumlah uang yang masuk alias Anda membiayai kehidupan boros anda dengan hutang.
Beberapa poin dibawah ini bisa anda cermati agar anda bisa membangun kebiasaan hidup hemat :
1. Mencatat pengeluaran
Dengan melakukan pencatatan pengeluaran maka anda akan tersadar berapa banyak uang yang telah anda keluarkan dan secara psikologis mendorong anda lebih hemat.
2. Membuat budget pribadi
Anggaran keuangan bukan hanya harus dilakukan oleh perusahaan atau negara. Setiap pribadi pun hendaknya mempunyai anggaran keuangan untuk menata keuangannya. Apa yang terencana akan lebih terkendali.
3. Membuat catatan pembelian & belanja
Sebelum pergi berbelanja bulanan misalnya, buatlah catatan belanja barang yang akan anda beli. Dengan begini anda akan terhindar untuk berbelanja secara impulsif yang bisa membuat anda membeli barang yang tidak anda inginkan.
4. Batasi atau hindari penggunaan kartu kredit
Sebisa mungkin batasasi atau malah hindari penggunaan kartu kredit yang secara psikologis dapat membuat anda lebih boros.
5. Hindari kebiasaan window shopping
Jika anda tidak tahan godaaan, window shopping dapat membuat anda terpancing membeli barang-barang yang tidak anda perlukan.
Di tahun yang baru ini, ada baiknya Anda memulai kebiasaan baru bro, yaitu hidup hemat demi kondisi finansial yang lebih cermat.

No comments:

Post a Comment