Sunday 17 February 2013

Apakah Uang Itu Segalanya Dalam Hidup ?



 
Setiap hari saat bangun tidur kita melihat manusia lalu lalang dengan kesibukannya masing-masing. Ada yang bersekolah, ada yang bekerja, ada yang menunggu suaminya pulang dari bekerja sambil mengurus anak, ada yang dengan cemas menunggu anaknya yang belum pulang-pulang dari sekolah… 
 
Masing-masing manusia tenggelam dalam kesibukannya masing-masing. Kesibukan yang mungkin dianggapnya penting, kesibukan yang mungkin dianggap genting. Yang bekerja berharap mendapatkan uang untuk dibelanjakannya, yang belajar berharap suatu saat akan dapat pekerjaan sehingga bisa dapat uang untuk dapat dibelanjakannya. Kata “uang” muncul berkali-kali. Saya bisnis hasilnya “uang”, saya bekerja hasilnya “uang”, saya belajar hasilnya adalah pekerjaan yang menghasilkan “uang”. Uang, uang dan uang….
 
Wajar jika manusia yang rasional dan dihadapkan pada kenyataan ini setiap harinya akan mengajukan sebuah pertanyaan: “Apakah uang adalah hal paling penting dalam hidup ini?” , “Apakah uang adalah tujuan hidup ? “Apakah uang itu segalanya?” Wow,  luar biasa! Manusia hidup untuk uang?
 
Hmmm… jika anda menjawab ya untuk semua pertanyaan pada paragraf di atas maka saya harus menghargai pendapat anda, walaupun saya tidak sependapat dengan anda. Tidak sependapat bukannya harus tidak menghargai kan ? Saya tidak sependapat karena saya mempunyai pandangan yang berbeda saya tidak menganggap bahwa rupiah (atau dollar, atau yen, atau Euro) adalah tujuan saya. 
 
Uang memang penting, tapi uang bukanlah tujuan. Sama seperti mobil atau motor. Saya memiliki mobil atau motor bukan karena kenyataan bahwa mobil dan motor adalah benda itu sendiri, namun karena mobil dan motor adalah ”alat” atau ”kendaraan” yang saya gunakan untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini uang hanyalah suatu kendaraan dan uang bukanlah suatu tujuan. Uang hanyalah sarana untuk memudahkan kita menjalani hidup ini. Membuat kita mungkin untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan dan mungkin juga kesenangan.
 
Walaupun begitu , uang hanyalah kendaraannya, bukan tujuannya.

No comments:

Post a Comment