Sunday 17 February 2013

Politik Kantor yang Baik dan Ber Etika


By REVOLUSI RUPIAH

Politik ? Bagi sebagian orang kata “politik” merupakan kata yang kurang enak di dengar apalagi jika hal tersebut bersentuhan dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika mendengar kata politik banyak orang yang langsung terbayang muka para pejabat-pejabat yang ada di TV sedang asik bercuap-cuap dan berebut kekuasaan. Bukan pemandangan yang indah bukan ? Membayangkannya saja sudah malas, apalagi jika kita disuruh terlibat di dalamnya dengan segala risikonya. Uwwww….thanks…no way ….
 
Namun, sekali lagi , namun… bagi yang sudah terlanjur antipati dengan kata “politik” mari kita renungkan lagi dalam hidup kita sehari-hari. Ternyata tanpa kita sadari dalam hidup sehari-hari seringkali sadar ataupun tidak sadar kita telah melakukan kegiatan politik. Karena pada dasarnya secara sederhana politik adalah suatu ilmu yang mempelajari cara memberikan pengaruh kepada pihak lain untuk melakukan sesuatu yang memberikan kita suatu manfaat. Mentraktir teman agar mengesankan kita mempunyai niat baik juga termasuk kegiatan politik atau menghadiri pernikahan teman padahal kita malas namun demi menjaga hubungan baik di masa depan juga dapat kita kategorikan sebagai berpolitik. Jadi … Political actions are everywhere my friend !
 
Ok, sekarang bagaimana politik bisa membantu kita dalam karir ? Karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang tidak dapat lepas dari pengaruh tindakan orang lain terhadap kita. Kita harus menyadari bahwa sedikit banyak kesuksesan karir kita tidak hanya ditentukan oleh prestasi kita semata namun juga oleh bagaimana kita bisa membangun hubungan yang baik dengan atasan dan rekan sekerja. Sebagus apapun prestasi kita namun jika atasan dan rekan kerja kita telah mengecap kita sebagai orang yang menyebalkan tentu karir kita ujung-ujungnya akan mentok juga.
 
Melakukan politik di kantor demi karir kita bukan berarti kita harus saling sikut antar teman demi mendapatkan suatu reward atau posisi. Pada dasarnya melakukan politik kantor yang baik adalah simpel... yaitu menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja. Kesankanlah pada mereka bahwa anda adalah orang yang dapat dipercaya, kompeten dan menyenangkan. Jika anda telah melakukan hal itu berarti anda telah memainkan politik kantor dengan baik. Ingat, jangan kelihatan bahwa anda adalah orang yang licik, suka mengambil keuntungan sepihak dari orang lain dan tukang sikut. You have to look like a nice guy... a competent nice guy. 
 
Lakukanlah hal-hal yang simpel seperti tidak pernah lupa mengucapkan selamat ulang tahun, selalu menghadiri acara-acara penting, makan siang bersama dengan atasan dan rekan, dll. Jika hal-hal kecil tersebut anda lakukan secara konsisten maka otomatis anda telah menimbulkan kesan yang baik di kantor anda. Seringkali hal-hal simpel yang dilakukan secara konsisten akan memberikan hasil yang luar biasa di jangka panjang. Hal tersebut juga berlaku dalam karir anda.
 
Jadi, selamat berpolitik kantor yang baik dan beretika...

No comments:

Post a Comment