Sunday 17 February 2013

Apakah Kehidupan Menikah Lebih Mahal Daripada Hidup Single?




Pernikahan adalah sesuatu yang masih banyak didambakan oleh manusia baik pria maupun wanita. Walaupun di negara Barat tren orang menikah makin lama makin menurun (walaupun masih banyak yang menikah dibanding yang menikah) namun di Indonesia dan banyak negara Asia lainnya yang masih teguh memegang tradisi dan nilai-nilai keagamaan menikah sepertinya merupakan suatu hal yang pasti ingin dituju oleh kebanyakan orang. Ada orang bijak yang berkata bahwa : “Menikah adalah ujian kedewasaan bagi seorang insan manusia”. Saya tidak tahu apa pendapat anda… namun bagi saya ini ada benarnya.

Bagi seorang pria, setelah menikah maka dirinya akan menempatkan diri sebagai kepala keluarga yang pada umumnya diandalkan oleh keluarganya sebagai tumpuan utama pencari nafkah. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kehormatan bagi seorang pria. Sejak zaman entah kapan dan umum di hampir semua budaya di dunia ini pria ditempatkan sebagai pemimpin keluarga.

Apa konsekuensi dari pemimpin keluarga dan pelindung keluarga di saat ini? Konsekuensinya adalah memiliki sumber daya (baca : penghasilan berupa uang) untuk menghidupi keluarganya. Bagi pria sejati ini adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. 

Banyak pria yang ketakutan untuk menikah dengan alasan tidak mempunyai penghasilan yang cukup saat ini dan takut tidak bisa menghidupi keluarganya kelak. Namun ada juga pria yang hantam saja menikah walaupun saat ini penghasilannya sangat pas-pasan (atau bahkan belum memiliki penghasilan). Nah jika saat ini anda merasa penghasilan anda pas-pasan tapi sebenarnya dalam hati ingin menikah dengan pasangan yang anda pilih, bagaimana harus menyikapinya?

Dalam pandangan saya anda harus mencari jalan tengah. Sebelum anda menikah anda WAJIB harus sudah memiliki penghasilan. Jangan sampai anda menikah lalu mengandalkan orang tua anda untuk membiayai hidup anda. Tapi anda harus ingat bahwa jika saat ini anda sudah memiliki penghasilan sendiri yang layak, maka sebaiknya keinginan anda menikah jangan ditunda-tunda lagi. Besar kecilnya rejeki itu relatif dan saya percaya bahwa dengan menikah akan ada dorongan luar biasa bagi anda untuk makin sukses secara finansial. 

Jadi bagaimana bro, apakah Anda sudah siap menikah? 

No comments:

Post a Comment