Wednesday 2 January 2013

Second Chance


Sebuah pepatah China kuno dalam bahasa Inggris berbunyi “you cannot jump into the same water”. Ini berbicara mengenai waktu yang terus berjalan sebagaimana aliran sungai. Jadi ketika kita melompat ke dalamnya tidak mungkin diulang lagi dengan air sungai yang sama.  Meskipun tampaknya sama, namun air yang telah melaluinya telah berbeda.
Air yang sebelumnya telah mengalir jauh ketika kita melakukan lompatan kedua. Demikian juga dengan waktu dan kesempatan dalam kehidupan kita. Ketika kita melewatkan satu kesempatan, yang satu itu tak akan pernah kembali. Waktu atau kesempatan yang telah kita lewati tidak mungkin kembali. Yang ada adalah waktu dan kesempatan baru dan berbeda.
Tetapi apakah ada suatu jaminan jika kesempatan yang baru itu ( orang-orang senang menyebutnya dengan second  chance) pasti akan ada lagi ?.
Tidak semua hal ada babak keduanya, apa yang sudah terjadi tidak mungkin diulang. Pilihan yang sudah diambil menyisakan dampak atau implikasinya. Tanpa kepastian adanya kesempatan lain untuk memperbaiki kesalahan atau kecerobohan dari apa yang telah dibuat atau untuk melakukan sesuatu yang terlewatkan sebelumnya.
Jadi bagaimana dengan kinerja kita sekarang setelah menyadari prinsip ini ?. Masihkan kita membuang-buang waktu dan menggunakannya secara asal-asalan ?. Ataukah ingin berkarya maksimal ?.  Tapi ingatlah apapun yang kitalakukan dengan waktu ini nanti kita akan pertanggungjawabkan nantinya.
Lebih baik lakukan yang benar pada kali pertama, daripada berharap memperbaikinya dilain hari.
Semangat guys…!!!!!!!!!!!!!!!

No comments:

Post a Comment